Kemdikbud Puji Konsistensi Sulsel Dalam Meningkatkan Kualitas Kasek dan Guru

By Admin

nusakini.com--Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat pujian terkait upaya yang konsisten dalam meningkatkan kualitas kepala sekolah dan guru. "Saya berterima kasih pada Sulsel yang menjadi satu-satunya provinsi yang konsen dengan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah," ujar Sumarna Surapranata, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat memberikan arahan pada pembukaan Pendidikan dan Kepelatihan Calon Kepala Sekolah SMA/SMK Sulsel di di Hotel Sheraton, Makassar, Selasa (6/6). 

Pada kesempatan itu, Sumarna juga mengungkapkan, mulai tahun ajaran baru 2017/2018 semester depan, kepala sekolah tidak lagi dibebankan jam mengajar. Selain itu, periode jabatannya juga sudah tidak dibatasi." Tugas utama kepala sekolah adalah manajerial, supervisi dan meningkatkan kompetensi kewirausahaan," jelas Sumarna.

Kendati tidak lagi dibebani jam mengajar, kepala sekolah tetal mendapat tunjangan profesi. "Namun jika sekolah yang kurang tenaga pengajar seperti Pangkep dan Selayar, maka kepala sekolah tetap mengajar." sebutnya.

Dilain pihak, Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menjelaskan pihaknya terus berupaya menyiapkan tenaga andal dalam mengelola sekolah. "Seorang kepala sekolah wajib lebih profesional yang tujuannya agar mutu dan kualitas siswanya terjamin," tegas Irman.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang menjadi pembicara utama mengungkapkan jabatan kepala sekolah adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan dengan karya nyata. "Kita semua ingin siswa sebagai generasi penerus bangsa dibekali dengan pendidikan dan akhlak yang baik," tutur Syahrul. (ab)